Langsung ke konten utama

MICROSOFT POWER POINT



Microsoft Power point 2013
Sumber : Sri Wahyuni. Simulasi dan Komunikasi Digital Edisi revisi 2013, Bumi Aksara, Tahun 2018

A.   Bagian-bagian Microsoft Power point 2013
Power Point adalah salah satu aplikasi paket dari microsoft office yang digunakna untuk membuat presentasi, agar penyajian data dan informasi yang diberikan lebih menarik dan lebih jelas. Selain digunakan untuk menyajikan slide persentasi, mixrosoft power point juga datat digunakan untuk menyusun persentasi versi cetak.
Lembar kerja microsoft power point dilengkapi dengan menu dan ikon sebagai perangkat pendukung aplikasinya. Terdapat beberapa menu sperti Title Bar, Button, Dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita simak uarain berikut ini yang akan mengupas seputar bagian-bagian lembar kerja ms.power poitn dan fungsi nya.

Office Button
Tombol Office Button dignakna untuk mengakses perintah-perintah dasar yang berhubungan dengan dolumen atau file yang kita buas, seperti perintah membuka file baru, mencetak, menyimpan dan menutup lembar kerja.


Quick Acces Toolbar
Fungsi dari quick acces toolbar yaitu digunakan untuk mengakses perintah cepat. Biasanya bagian ini terdiri atas tiga ikon yaitu undo, repeat, save, namun ikon tersebut dapat dirubah dengan memilih ikon pada Custom Quick Acces Toolbar.

Tittle Bar
Title bar menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif.

• Control Windows
Control Windows digunakan untuk menutup lembar kerja, meminimize dan me restor view lembar kerja ms.Point

• Tab Ribbon
Tab Ribbon merupakan tab yang berisikan menu-menu yang digunakan untuk menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah dokumen yang sedang dibuat.

• Group
Group merupakan sebuah kumpulan tool yang memiliki kesamaan fungsi.

• Ribbon
Ribbon merupakan deretan tools yang ada dalam tab ribbon. Ribbon memeiliki berbagai macam fungsi dan kegunaannya dalam membuat atau mengedit dokumen yang dibuat.

• Tab Outline Panel
Tab Outline Panel merupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan outline panel atau deretan panel yang telah dibuat.

• Slide Panel
Slide Panel adalah deretan slide yang telah dibuat dan ditampilan dalm bentuk thumbnail atau mibi slide.

• Slide Number
Slided Number merupakan tampilan yang terletak pada pojok sebelah kiri yang berguna untuk menampilkan urutan nomor slid eyang aktif dan jumlha slide yang telah dibuat.

• Notes
Notes merupakan tempat yang digunakan untuk menulis teks catatan penunjuk, atau refensi untuk presentasi. Bisa saja dalam setiap slide memiliki catatannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan.

• View Mode
View Mode merupakan bagian yang menampilkan pilihan tool yang digunakan untuk mengatur mode tampilan slide normal, slide sorter atau untuk menjalankan presentasi.

• Zoom
Zoom Slide digunakn untuk mengatur memperbesar atau memperkecil tampilan slide.




• Slide
Slide yaitu lembar kerja utama dari ms.point yang digunakan untuk memasukan data dan berbagai macam fitu kelengkapan slide.

• Place Holder
Place Horder yaitu kotak data yang tersedia secara default,meskipun default kotak data tersebut dapat kita ubah sesuai dengan dokumen persentasi yang akan dibuat.

B.   Fitur fitur Microsoft Power point 2013
·         Trantition
Transtition adalah efek animasi pada saat perpindahan dari satu slide ke slide yang lain. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan tidak terlalu kaku pada tampilan presentasi. Dalam Ms Power Point terdapat banyak pilihan Transitions yang dapat digunakan. Berikut adalah tampilan  transtition dan cara mengoperasikannya:

1.   Pilih dan klik slide yang akan di beri efek slide transition. Kemudian arahkan kursor mouse ke efek yang dikehendaki, contohnya:flip.
2.   Untuk menemukan style transition yang lain, klik tombol more yang berupa gambar panah ke bawah untuk memilih dan mengaplikasikan style transition pada slide power point
3.   Setelah menentukan style transition, sebaiknya mengatur kecepatan menuju slide berikutnya dengan cara  klik Transition Speed. Di dalamnya terdapat pilihan Slow, Medium, dan Fast yang dapat ditentukan sesuai dengan keinginan.
4.   Untuk memberikan efek suara, klik Transition Sound. Di dalam menu tersebut terdapat banyak pilihan suara yang dapat dimasukkan dalam presentasi. 
·             Animation 
Animation adalah efek animasi yang igunakan untuk teks kata- kata ataupun gambar-gambar pada presentasi. Hal tersebut dilakukan agar tampilan teks menarik dan terkesan tidak monoton. Dalam Ms Power Point terdapat banyak pilihan Animation yang dapat digunakan. Berikut adalah tampilan  transtition dan cara mengoperasikannya:

1.   Pilih objek atau teks pada slide yang ingin kita animasikan.
2.   Pada tab animasi di pita, klik Tambahkan animasi, dan pilih efek animasi.
3.   Kita bisa mengatur lama waktu efek animasi berjalan dengan mengatur duration dan delay.
4.   Jika ingin menghapus animasi kita tinggal pilih angka pada animasi, lalu menekan tombol delete pada keyboard
·            Navigation
Navigation Navigation dalam Power Point ialah kumpulan tombol berisi link yang mengarah ke Slide tertentu. Dengan adanya Menu, orang yang memaparkan sebuah Presentasi dapat langsung menuju Slide yang diinginkan dan dapat pula untuk kembali. Hal ini akan sangat membantu dalam kita menjaga efektifitas waktu. Berikut adalah tampilan  Navigation dan cara mengoperasikannya:
     
1.   Buka file Presentasi Anda pada aplikasi Power Point. Pilih Slide pertama dan ketik tiap bab pembahasan pada Slide tersebut.
2.   Kita membuat kata yang ingin dilink an, lalu kita bias menggunakan fungsi shapes untuk mempercantik tampilan
3.   Blok kata pertama, kemudian klik kanan mouse dan akan muncul Hyperlink.
4.   Pilih place to document dan klik yang diinginkan
5.   Jika menggunakan insert pilih Action. Maka akan muncul jendela baru.
6.   Pindahkan pilihan radio ke Hyperlink To dan pilih Slide yang diinginkan
7.   Selanjutnya di setiap Slide kita kasih tombol Next, Previous dan Home. Caranya dengan   klik Tab Insert > Shapes > pilih bentuk tombol Next, Previous dan Home pada bagian bawah. Kemudian taruh pada Slide yang bawah. Lakukanlah dari satu persatu.
8.   Slide Show Presentasi Anda, kemudian geser-geser Mouse kalian agar muncul kursor pada Slide Show. Dan Anda tinggal mengklik Menu Navigasi yang sudah dibuat.

C.   Membuat Slide untuk Presentasi Microsoft Power point 2013

  1. Langkah awal

Langkah awal yang harus dilakukan pada penggunaan program aplikasi Microsoft power point 2013 adalah sebagai berikut :

a.    Mengaktifkan power point 2013
Langkah awal dalam mengaktifkan Microsoft power point adalah dengan menyalakan computer terlebih dahulu dan tunggu sampai system operasi menampilkan area kerja (desktop). Lanjutkan dengan klick start pada taskbar kemudian sorot all program dan pilih Microsoft office dan kemudian klick Microsoft power point 2013 atau bisa juga dengan melakukan double klick pada short cut Microsoft office power point 2013

b.   Memulai Microsoft power point 2013
Saat memulai Microsoft power point 2013 maka jendela program Microsoft power point akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi ribbon, tab, group, dan fitur fitur yang memiliki fungsi tertentu. Microsoft power point 2013 memiliki tampilan user interface yang berbeda dengan versi sebelumnya. User interface tersebut dirancang untuk membantu user lebih produktif dan mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.

c.    Mengakhiri program Microsoft power point 2013
Ada 2 cara, untuk mengakhiri Microsoft power point 2013 yaitu sebagai berikut :
1.   Pilih dan klick pada file button, kemudian pilih close atau klick exit power point
2.   Klick icon close windows (x) dipojok kanan atas


  1. Format Lembar Presentasi
Sebuah slide yang baik akan mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan seorang presenter tv. Dengan melihat slide yang ditampilkan oleh pemateri akan membantu audience dalam memahami maksud dan tujuan yang terkandung dalam slide tersebut
  1. Membuat file
Langkah langkah untuk membuat slide presentasi melalui slide baru yang masing kosong adalah sebagai berikut :
1.   Klick tab home lalu pilih pada new
2.   Pada available tamplate and theme klick pada blank presentation
3.   Akhiri dengan klick tombol create
4.   Selanjutnya tekan tombol CTRL + N untuk menyisipkan slide baru

  1. Menyimpan file presentasi
Penyimpanan file presentasi bertujuan hal hal yang tidak diinginkan misalnya listrik padam dan memudahkan pemanggilan file. Langkah langkah untuk menyimpan file presentasi dengan nama baru adalah sebagai berikut :
1.   Klick tombol file button lalu pilih save as
2.   Pada kotak isian file name ketikan nama file yang akan disimpan
3.   Klick tombol save untuk menyimpan
4.   Selanjutnya naskah ditutup dengan klick pada file button kemudian pilih close

  1. Membuka file presentasi
Dapat dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
1.   Klick pada file button lalu arahkan pada open (CTRL + O)
Setelah muncul kotak dialog open, pilih lokasi file yang diinginkan lalu pilih nama file yang bersangkutan
2.   Klick tombol open atau klick 2 x file yang ingin dibuka

3.   Pengolahan File Presentasi dan Mengatur Format Slide

Memilih tema
Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna, font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak lagi.
1.   Pada tab File di pita, pilih baru, dan pilih sebuah tema.
PowerPoint memperlihatkan pratinjau tema, dengan variasi warna empat untuk memilih di sebelah kanan.
Klik Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat.
Menyisipkan slide baru
Di tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata letak slide.
Menyimpan presentasi Anda
1.     Pada tab File, pilih Simpan.
2.     Pilih atau cari ke folder.
3.     Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi Anda, kemudian pilih Simpan.
Catatan: Jika Anda sering menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah).
Tips: Menyimpan pekerjaan Anda saat Anda masuk. Tekan Ctrl + S sering.
Menambahkan teks
Memformat teks Anda
  1. Pilih teks.
Di bawah Alat Menggambar, pilih Format.
  1. Lakukan salah satu hal berikut ini:
    • Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian Teks, lalu pilih sebuah warna.
    • Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda, pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna.
    • Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya, kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih efek yang Anda inginkan.
Menambahkan gambar
Pada tab Sisipkan, lakukan salah satu hal berikut ini:
  • Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar, lalu pilih Sisipkan.
Untuk menyisipkan gambar dari web, pilih Gambar Online, dan gunakan kotak pencarian untuk menemukan gambar.
Pilih gambar, kemudian klik Sisipkan.
Menambahkan catatan pembicara
Slide akan sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda saat menjalankan presentasi.
  1. Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah jendela, klik Catatan tombol catatan di PowerPoint.
Klik di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan Anda.
Menyampaikan presentasi Anda
Pada tab Peragaan Slide, lakukan salah satu hal berikut ini:
Untuk memulai presentasi pada slide pertama, di grup Mulai Peragaan Slide, klik Dari Awal.
·         Jika Anda tidak berada di slide pertama dan Anda ingin memulai dari posisi Anda, klik Dari Slide Saat Ini.
Jika Anda ingin menyajikan ke orang yang tidak berada di tempat Anda, klik Sajikan Online untuk menyetel presentasi di web, lalu pilih salah satu opsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGIKA DAN ALGORITMA

Logika dan Algoritma 1. Logika Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat). Manusia merupakan mahluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis. Sedangkan moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku. Namun, ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimp

JENIS PETA MINDA

TULANG IKAN : JENIS CABANG : JENIS KITARAN: JENIS POKOK:

MATERI : MICROSOFT EXCEL

Lampiran 1. Ringkasan Materi Pembelajaran Microsoft Excel Microsoft Excel  memang identik dengan Matematika, semua  operasi hitung bilangan  dapat diolahnya. Apalagi operasi hitung bilangan matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dapat dengan mudah dioperasikan. Penggunaannyapun sama seperti operasi hitung bilangan matematika pada umumnya. Bisa secara manual ataupun secara otomatis menggunakan fungsi atau rumus yang telah tersedia. Bahkan selain operasi hitung bilangan, operasi hitung logika pun dapat diolah dengan Ms. Excel ini. Jadi apabila anda akan mengolah angka, seperti urusan Buku KAS, penghitungan pajak, pengolahan nilai siswa dan lain-lain yang berhubungan dengan hitung menghitung maka akan lebih mudah apabila dikerjakan menggunakan Ms. Excel. Ada beberapa  fungsi Microsoft Excel  untuk  operasi hitung bilangan  matematika yang dapat dioperasikannya dan sering kita gun antara lain : Operator Matematika Beberapa operator matematika