REMIDIAL:
Pilihan Ganda
1. Teknologi digital memungkinkan mewujudkan buku
digital yang mudah dibawa dan disimpan serta mudah dibaca ketika diperlukan.
Teks yang menjadi hakikat buku dapat disimpan dalam bentuk digital, bahkan
menambahkan video dan suara dalam buku tersebut. Pengertian buku digital adalah
.....
A.
bentuk
digital dari buku cetak yang berisikan informasi digital yang dapat berisi
teks, gambar, audio, video, hanya dapat dibaca di komputer dan laptop.
B.
bentuk
digital dari buku cetak yang berisikan informasi digital yang dapat berisi
teks, gambar, audio, video, hanya dapat dibaca di tablet dan smartphone.
C.
bentuk
digital dari buku cetak yang berisikan informasi digital yang dapat berisi
teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau
smartphone.
D.
bentuk
digital dari buku cetak yang berisikan informasi digital yang hanya berisi teks
dan gambar yang dapat dibaca di
komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
E.
bentuk
digital dari buku cetak yang berisikan informasi digital yang hanya berisi
audio dan video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
2.
Kemajuan
zaman selalu menjanjikan kelebihan. Hukum ini berlaku pula bagi buku digital
yang diprediksi akan menggantikan zaman buku cetak karena buku digital
mempunyai banyak kelebihannya. Berikut yang merupakan kelebihan dari buku
digital adalah .....
A. simpel, murah, tahan lama, mudah didapat, tersedia
dalam berbagai macam bahasa.
B. simpel, murah, tahan lama, mudah didapat, hanya
tersedia dalam bahasa inggris.
C. simpel, mahal, tahan lama, tidak mudah didapat,
tersedia dalam berbagai macam bahasa.
D. sulit dipegang, hurufnya kecil, perangkat lunak
banyak yang tidak mendukung.
E. mudah dipegang, hurufnya besar, simpel, murah,
tersedia dalam 5 bahasa.
3. Buku digital tersedia dengan berbagai jenis format,
berikut format buku digital yang terbuka, gratis, mengacu kepada standar XHTML
dan XML dan merupakan salah satu format
buku digital yang paling populer saat ini adalah ....
A. AZW
B. KF8
C. MOBI
D. EPUB
E. PDB
A. AZW
B. KF8
C. MOBI
D. EPUB
E. PDB
4. Buku digital memiliki berbagai format tipe file-nya. Sebuah format propietary Amazon
adalah pengertian dari....
A. PRC
B. IDPF
C. AZW
D. HTML
E. JPEG
A. PRC
B. IDPF
C. AZW
D. HTML
E. JPEG
5. Dengan peluncuran Kindle sebagai pembaca e-book,
Amazon.com menciptakan format proprietary tersendiri yaitu …..
A. CHM
B. AZW
C. DJVU
D. JPEG
E. PDF
A. CHM
B. AZW
C. DJVU
D. JPEG
E. PDF
6. Electronic publication (epub) bisa dikatakan berupa
salah satu format standarisasi bentuk …..
A. buku digital
B. buku cetak
C. buku saku
D. file download
E. file upload
A. buku digital
B. buku cetak
C. buku saku
D. file download
E. file upload
7. Dalam melakukan aktivitas di dunia maya kita perlu
memperahtian dan menerapkan norma yang berlaku. Norma-norma yang sesuai
perilaku yang bertanggung jawab dengan memperhatikan penggunaan teknologi disebut
…..
A. Warga digital
B. Kewarganegaraan digital
C. Kewargaan digital
D. Informasi Digital
E. Data digital
A. Warga digital
B. Kewarganegaraan digital
C. Kewargaan digital
D. Informasi Digital
E. Data digital
8. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini!
1. Akses digital
2. Komunikasi digital
3. Hak dan kewajiban digital
4. Keamanan digital
5. Kekurangan digital
Dari pernyataan diatas yang tidak termasuk komponen dari kewarganegaraan digital adalah .....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
1. Akses digital
2. Komunikasi digital
3. Hak dan kewajiban digital
4. Keamanan digital
5. Kekurangan digital
Dari pernyataan diatas yang tidak termasuk komponen dari kewarganegaraan digital adalah .....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
9.
Suatu
konsep keamanan untuk meminimalisir resiko kejahatan yang berada di dalam
internet, merupakan konsep dari …..
A. Internet safety
B. Kewarganegaraan digital
C. Warga digital
D. Akses digital
E. Literasi digital
A. Internet safety
B. Kewarganegaraan digital
C. Warga digital
D. Akses digital
E. Literasi digital
10. Aktivitas kita dalam jaringan (internet) perlu
memperhatikan beberapa keamanan agar penggunaannya dapat berjalan dengan baik. Dibawah
ini merupakan bentuk keamanan digital adalah .....
A. Menginstall ulang sistem operasi
B. Menginstall Antivirus
C. Membatasi user account
D. Mematikan Network Sharing
E. Mematikan fungsi Auto Update
A. Menginstall ulang sistem operasi
B. Menginstall Antivirus
C. Membatasi user account
D. Mematikan Network Sharing
E. Mematikan fungsi Auto Update
11. Dibawah ini yang termasuk bagian dari Ankronim
THINK sebagai warga digital adalah :
A. True-Hurt-Illegal-Necessary-Kind
B. This-Hurtful-Illegal-Necessary-Kind
C. True-Hurtful-Intergrity-Necessary-Kind
D. True-Hurtfull-Illegal-Necessary-Kind
E. That-Hurtful-Illegal-Necessary-Kind
A. True-Hurt-Illegal-Necessary-Kind
B. This-Hurtful-Illegal-Necessary-Kind
C. True-Hurtful-Intergrity-Necessary-Kind
D. True-Hurtfull-Illegal-Necessary-Kind
E. That-Hurtful-Illegal-Necessary-Kind
12. Yang termasuk keunggulan dalam pembelajaran daring
adalah :
A. Efesiensi waktu dan biaya
B. Memerlukan perangkat khusus
C. Tidak mewakilkan emosi pengguna
D. Menyita konsentrasi
E. Terlalu banyak informasi yang tidak penting
A. Efesiensi waktu dan biaya
B. Memerlukan perangkat khusus
C. Tidak mewakilkan emosi pengguna
D. Menyita konsentrasi
E. Terlalu banyak informasi yang tidak penting
13. Untuk menambah
sumber belajar dari dalam komputer baik berupa file/dokumen lembar kerja,
lembar sebar, lembar presentasi, video dan sebagainya dapat kita kelola sebagai
perpustakaan maya dengan fitur Backpack.
Untuk menjaga agar backpack tertata
dengan baik, kita dapat membuat ....
A. File
B. Link
C. Backpack
D. Folder
E. Post
14. Perhatikan tampilan menu dalam merubah password
pada Edmodo atau facebook.
(1) “Current Password” –
(2) “New Password” –
(3) “Confirm New Password”
(4) “Change Password"
(1) “Current Password” –
(2) “New Password” –
(3) “Confirm New Password”
(4) “Change Password"
(5)
“Save”
Di
dalam Edmodo, prosedur yang benar dalam merubah password adalah…
A. (1) – (2) – (3) – (4) – (5)
B. (1) – (2) – (5) – (4) – (3)
C. (2) – (1) – (3) – (4) – (5)
D. (5) – (4) – (3) – (1) – (2)
E. (5) – (4) – (3) – (2) – (1)
15. Terdapat jenis-jenis pemberitahuan (notification) yang akan diterima kepada
user didalam aplikasi Edmodo yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan. Jika kita
ingin melihat pemberitahuan tentang tugas yang menunggu untuk dikerjakan, maka pemberitahuan
yang dipilih adalah….
A.
Alert
B.
Notes
C.
Assignment
D. Quizes
E.
Apply
16. Perhatikan tabel dibawah ini!
Berdasarkan
tabel diatas, yang termasuk kedalam keunggulan pembelajaran jarak jauh adalah
.....
A. 1-2-3
B. 2-3-4
C. 3-4-5
D. 1-2-4
E. 1-3-5
A. 1-2-3
B. 2-3-4
C. 3-4-5
D. 1-2-4
E. 1-3-5
17. Edmodo merupakan salah satu media pembelajaran
jarak-jauh berupa situs web. Sebelum kita dapat menggunakan semua fitur dalam
website ini, kita harus terlebih dahulu terdaftar sebagai anggota di situs web
Edmodo. Berikut ini yang bukan merupakan data yang harus dimasukan pada form
pendaftaran, yaitu .....
A. Nama Lengkap
B. Tempat Tanggal Lahir
C. Golongan Darah
D. Kata Sandi
E. Alamat Email
A. Nama Lengkap
B. Tempat Tanggal Lahir
C. Golongan Darah
D. Kata Sandi
E. Alamat Email
18. Pada hari senin, Andi akan melaksanakan
pembelajaran jarak jauh menggunakan Edmodo. Namun, Andi kaget dikarenakan tidak
dapat masuk kedalam akun Edmodo-nya akibat lupa password. Langkah yang tepat
dan harus dilakukan Andi adalah .....
A.
Masuk
halaman Login > Masukan username & password > Login > masuk
halaman profile > Ganti Password baru.
B.
Masuk
halaman Login > klik Forgot your password > Masukan Alamat Email >
klik Send > Cek Email > Klik tautan yang diberikan > Ganti Password
baru.
C.
Masuk
halaman Profile > Klik Log Out.
D.
Masuk
halaman pendaftaran > buat akun baru.
E.
Masuk
halaman Home > klik Quiz > Isi soal yang diberikan > klik Send.
19. Tahap-tahap produksi merupakan tahapan yang
dilakukan sebelum melakukan pembuatan video. Dibawah ini yang bukan bagian
dalam kegiatan Pra Produksi pembuatan video atau film adalah .....
A. Editing
B. Penulisan Synopsis
C. Penulisan Skrip
D. Penentuan Ide
E. Penentuan lokasi
A. Editing
B. Penulisan Synopsis
C. Penulisan Skrip
D. Penentuan Ide
E. Penentuan lokasi
20. Hal mendasar yang diperlukan dalam pembuatan video
pada tahap Pra Produksi adalah .....
A. Audio
B. Visual
C. Ide
D. Sinopsis
E. Naskah
A. Audio
B. Visual
C. Ide
D. Sinopsis
E. Naskah
21. Dalam pembuatan video diperlukan beberapa langkah
yang harus dipersiapkan sebelum
mengambil gambar, diantaranya membuat storyboard, naskah dan synopsis.
Perbedaan yang mencolok antara Sinopsis dan Naskah dibawah ini adalah .....
A.
Sinopsis
merupakan alur cerita, sedangkan Naskah suatu teks.
B.
Sinopsis
dibuat banyak halaman, Naskah hanya beberapa halaman.
C.
Sinopsis
merupakan sketsa gambar, Naskah merupakan rangkaian animasi.
D.
Sinopsis
berfungsi sebagai konsep, Naskah hanya
menyampaikan pesan dan gagasan.
E.
Sinopsis
dibuat detail dari presentasi, Naskah dibuat detail dari alur cerita.
22. Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini!
1.
Membaca naskah asli terdahulu
2. Mencatat gagasan utama
3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan
4. Menggunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, efektif dan menarik
5. Menuliskan dialog dan monolog tokoh secara garis besar
2. Mencatat gagasan utama
3. Menulis ringkasan berdasarkan gagasan
4. Menggunakan kalimat yang jelas, mudah dipahami, efektif dan menarik
5. Menuliskan dialog dan monolog tokoh secara garis besar
Dari
pernyataan diatas yang merupakan langkah-langkah dalam membuat sinopsis adalah
.....
A. 1-2-3-4-5
B. 1-4-2-3-5
C. 1-5-2-4-5
D. 1-4-5-2-3
E. 1-2-3-5-4
A. 1-2-3-4-5
B. 1-4-2-3-5
C. 1-5-2-4-5
D. 1-4-5-2-3
E. 1-2-3-5-4
23. Dalam membuat suatu film diperlukan suatu pedoman
untuk dijadikan acuan dalam pembuatan film. Salah satunya adalah naskah.
Berikut adalah alur pembuatannya.
1. Menentukan tema
2. Mendata suatu peristiwa
3. Menyusun kerangka
4. ......
Tahap terakhir dalam membuat naskah berdasarkan urutan langkah-langkah diatas untuk mengisi langkah ke 4 adalah .....
A. Membuat cerita
B. Membuat dialog dalam berbagai tokoh
C. Mengembangkan ringkasan dalam setiap scene
D. Mengembangkan kerangka menjadi naskah
E. Menyusun deskripsi secara runtut
1. Menentukan tema
2. Mendata suatu peristiwa
3. Menyusun kerangka
4. ......
Tahap terakhir dalam membuat naskah berdasarkan urutan langkah-langkah diatas untuk mengisi langkah ke 4 adalah .....
A. Membuat cerita
B. Membuat dialog dalam berbagai tokoh
C. Mengembangkan ringkasan dalam setiap scene
D. Mengembangkan kerangka menjadi naskah
E. Menyusun deskripsi secara runtut
24.
Dalam
membuat storyboard hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah
.....
A. Judul, Sub judul, Visual, Audio, Dialog, Properties
B. Judul, Sub judul, Video, Dialog, Properties, Teks
C. Judul, Sub judul, take shot, file musik, kamera, timing
D. Judul, Sub judul, panel, sequence, dialog, properties
E. Judul, Sub judul, lokasi, file musik, pergerakan kamera, dialog adegan
A. Judul, Sub judul, Visual, Audio, Dialog, Properties
B. Judul, Sub judul, Video, Dialog, Properties, Teks
C. Judul, Sub judul, take shot, file musik, kamera, timing
D. Judul, Sub judul, panel, sequence, dialog, properties
E. Judul, Sub judul, lokasi, file musik, pergerakan kamera, dialog adegan
25. Pengambilan gambar dari atas gedung tinggi pada
sebuah scene menggunakan tehnik ....
A. High camera angle
B. Bird eye view
C. Low camera angle
D. Dutch camera angle
E. Medium close up
A. High camera angle
B. Bird eye view
C. Low camera angle
D. Dutch camera angle
E. Medium close up
26. Dalam proses pengeditan video untuk memotong video
atau musik, tool yang digunakan
adalah .....
A. Title
B. Effect
C. Transition
D. Split
E. Crop
A. Title
B. Effect
C. Transition
D. Split
E. Crop
27. Pembuatan video dapat menggunakan program aplikasi perekaman
aktivitas dilayar komputer atau laptop. untuk merekam aktifitas dilayar
komputer secara penuh caranya pilih .....
A. Record
B. Full screen
C. Half screen
D. Audio
E. Volume
A. Record
B. Full screen
C. Half screen
D. Audio
E. Volume
28. Perhatikan contoh tahapan produksi berikut ini!
Seba Maora, bukanlah seorang pemuda yang kaya raya. Namun, dia bercita – cita menjadi pengusaha nomor satu di bidang rekayasa teknologi tinggi di Indonesia. Dia sudah bosan dengan jenis mobil yang itu-itu saja. Bahkan, saling jiplak satu sama lain. Dia ingin membuat teknologi yang lain dari yang lain yaitu mobil terbang. Orang-orang banyak menertawakan, bahkan mengejeknya serta menganggapnya orang gila. Masa muda Seba Mora dihabiskan untuk membaca buku dan mengerjakan ide-ide yang dituangkan dalam proyek-proyeknya. Perjalanan Seba Mora untuk mencapai cita-citanya telah ditemukan.
Contoh di atas termasuk tahapan produksi ….
A. Ide
B. Sinopsis
C. Pembuatan premis
D. Pembuatan Stayboard
E. Pembuatan Storyline
Seba Maora, bukanlah seorang pemuda yang kaya raya. Namun, dia bercita – cita menjadi pengusaha nomor satu di bidang rekayasa teknologi tinggi di Indonesia. Dia sudah bosan dengan jenis mobil yang itu-itu saja. Bahkan, saling jiplak satu sama lain. Dia ingin membuat teknologi yang lain dari yang lain yaitu mobil terbang. Orang-orang banyak menertawakan, bahkan mengejeknya serta menganggapnya orang gila. Masa muda Seba Mora dihabiskan untuk membaca buku dan mengerjakan ide-ide yang dituangkan dalam proyek-proyeknya. Perjalanan Seba Mora untuk mencapai cita-citanya telah ditemukan.
Contoh di atas termasuk tahapan produksi ….
A. Ide
B. Sinopsis
C. Pembuatan premis
D. Pembuatan Stayboard
E. Pembuatan Storyline
29. Perhatikan contoh naskah berikut ini!
Seorang anak (Iwan) sedang merenung diteras depan rumahnya. Ia pun melamun melihat sekeliling rumahnya. Ia pun melihat berbagai awan di langit, tiba-tiba ia mengingat tentang mata pelajaran geografi yang membahas tentang awan, tetapi sayangnya ia tidak begitu dapat membedakan awan-awan tersebut. Ia pun mencoba bertanya kepada salah seorang kakaknya (Sari), tetapi kakaknya pun tidak begitu paham. Karena penasaran ia bertanya kepada salah seorang teman sekelasnya (Agus). Tetapi karena tidak begitu menguasai temannyapun mengajaknya ke rumah salah seorang guru geografi yang kebetulan adalah tetangganya, kemudian ia bertanya kepada ibu guru (Bu Siska). Lalu bu Siska pun mencoba menerangkan macam-macam awan kepada kedua siswa tersebut. Bu Siska pun menerangkan perbedaan-perbedaan awan-awan sambil memperlihatkan gambar awannya. Kemudian terjadilah diskusi antar siswa dan guru tersebut.
Banyak hal yang didiskusikan antara lain seperti perbedaan-perbedaan awan dan ciri-ciri masing-masing awan. Setelah diskusi ini Iwan dan Agus pun menjadi lebih paham tentang macam-macam awan.
Seorang anak (Iwan) sedang merenung diteras depan rumahnya. Ia pun melamun melihat sekeliling rumahnya. Ia pun melihat berbagai awan di langit, tiba-tiba ia mengingat tentang mata pelajaran geografi yang membahas tentang awan, tetapi sayangnya ia tidak begitu dapat membedakan awan-awan tersebut. Ia pun mencoba bertanya kepada salah seorang kakaknya (Sari), tetapi kakaknya pun tidak begitu paham. Karena penasaran ia bertanya kepada salah seorang teman sekelasnya (Agus). Tetapi karena tidak begitu menguasai temannyapun mengajaknya ke rumah salah seorang guru geografi yang kebetulan adalah tetangganya, kemudian ia bertanya kepada ibu guru (Bu Siska). Lalu bu Siska pun mencoba menerangkan macam-macam awan kepada kedua siswa tersebut. Bu Siska pun menerangkan perbedaan-perbedaan awan-awan sambil memperlihatkan gambar awannya. Kemudian terjadilah diskusi antar siswa dan guru tersebut.
Banyak hal yang didiskusikan antara lain seperti perbedaan-perbedaan awan dan ciri-ciri masing-masing awan. Setelah diskusi ini Iwan dan Agus pun menjadi lebih paham tentang macam-macam awan.
30. Dari naskah diatas yang merupakan pemain, peralatan
dan lokasi berturut-turut adalah …
A. Iwan, Sari, Agus dan Bu Siska; gambar awan; teras
B. Iwan dan Sari; gambar awan; teras
C. Rumah sakit; Sari; awan
D. Sari, Iwan; Teras; Pensil
E. Agus, Iwan, Sari
A. Iwan, Sari, Agus dan Bu Siska; gambar awan; teras
B. Iwan dan Sari; gambar awan; teras
C. Rumah sakit; Sari; awan
D. Sari, Iwan; Teras; Pensil
E. Agus, Iwan, Sari
Komentar
Posting Komentar