Microsoft Power point 2013
Sumber : Sri Wahyuni. Simulasi
dan Komunikasi Digital Edisi
revisi 2013, Bumi Aksara, Tahun 2018
A.
Bagian-bagian Microsoft Power point 2013
Power Point adalah salah satu aplikasi paket dari microsoft office yang
digunakna untuk membuat presentasi, agar penyajian data dan informasi yang
diberikan lebih menarik dan lebih jelas. Selain digunakan untuk menyajikan
slide persentasi, mixrosoft power point juga datat digunakan untuk menyusun
persentasi versi cetak.
Lembar kerja microsoft power point dilengkapi dengan menu dan ikon
sebagai perangkat pendukung aplikasinya. Terdapat beberapa menu sperti Title
Bar, Button, Dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita simak uarain berikut ini
yang akan mengupas seputar bagian-bagian lembar kerja ms.power poitn dan fungsi
nya.
• Office Button
Tombol Office Button dignakna untuk mengakses perintah-perintah dasar
yang berhubungan dengan dolumen atau file yang kita buas, seperti perintah
membuka file baru, mencetak, menyimpan dan menutup lembar kerja.
• Quick Acces
Toolbar
Fungsi dari quick acces toolbar yaitu digunakan untuk mengakses perintah
cepat. Biasanya bagian ini terdiri atas tiga ikon yaitu undo, repeat, save,
namun ikon tersebut dapat dirubah dengan memilih ikon pada Custom Quick Acces
Toolbar.
• Tittle Bar
Title bar menunjukkan nama dokumen yang sedang aktif.
• Control Windows
Control Windows digunakan untuk menutup lembar kerja, meminimize dan me
restor view lembar kerja ms.Point
• Tab Ribbon
Tab Ribbon merupakan tab yang berisikan menu-menu yang digunakan untuk
menunjukkan perintah-perintah untuk mengolah dokumen yang sedang dibuat.
• Group
Group merupakan sebuah kumpulan tool yang memiliki kesamaan fungsi.
• Ribbon
Ribbon merupakan deretan tools yang ada dalam tab ribbon. Ribbon
memeiliki berbagai macam fungsi dan kegunaannya dalam membuat atau mengedit
dokumen yang dibuat.
• Tab Outline Panel
Tab Outline Panel merupakan tombol yang digunakan untuk menampilkan
outline panel atau deretan panel yang telah dibuat.
• Slide Panel
Slide Panel adalah deretan slide yang telah dibuat dan ditampilan dalm
bentuk thumbnail atau mibi slide.
• Slide Number
Slided Number merupakan tampilan yang terletak pada pojok sebelah kiri
yang berguna untuk menampilkan urutan nomor slid eyang aktif dan jumlha slide
yang telah dibuat.
• Notes
Notes merupakan tempat yang digunakan untuk menulis teks catatan
penunjuk, atau refensi untuk presentasi. Bisa saja dalam setiap slide memiliki
catatannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan.
• View Mode
View Mode merupakan bagian yang menampilkan pilihan tool yang digunakan
untuk mengatur mode tampilan slide normal, slide sorter atau untuk menjalankan
presentasi.
• Zoom
Zoom Slide digunakn untuk mengatur memperbesar atau memperkecil tampilan
slide.
• Slide
Slide yaitu lembar kerja utama dari ms.point yang digunakan untuk
memasukan data dan berbagai macam fitu kelengkapan slide.
• Place Holder
Place Horder yaitu kotak data yang tersedia secara default,meskipun
default kotak data tersebut dapat kita ubah sesuai dengan dokumen persentasi
yang akan dibuat.
B.
Fitur fitur
Microsoft Power point 2013
·
Trantition
Transtition adalah efek animasi pada saat perpindahan dari satu slide ke
slide yang lain. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan tidak
terlalu kaku pada tampilan presentasi. Dalam Ms Power Point terdapat banyak
pilihan Transitions yang dapat digunakan. Berikut adalah tampilan transtition
dan cara mengoperasikannya:
1. Pilih dan klik slide yang akan di beri efek slide transition.
Kemudian arahkan kursor mouse ke efek yang dikehendaki,
contohnya:flip.
2. Untuk menemukan style transition yang lain, klik tombol more yang
berupa gambar panah ke bawah untuk memilih dan mengaplikasikan style transition
pada slide power point
3. Setelah menentukan style transition, sebaiknya mengatur kecepatan menuju
slide berikutnya dengan cara klik Transition Speed. Di dalamnya
terdapat pilihan Slow, Medium, dan Fast yang dapat ditentukan sesuai
dengan keinginan.
4. Untuk memberikan efek suara, klik Transition Sound. Di dalam menu
tersebut terdapat banyak pilihan suara yang dapat dimasukkan dalam presentasi.
·
Animation
Animation adalah efek animasi yang igunakan untuk teks kata- kata
ataupun gambar-gambar pada presentasi. Hal tersebut dilakukan agar
tampilan teks menarik dan terkesan tidak monoton. Dalam Ms Power Point terdapat
banyak pilihan Animation yang dapat digunakan. Berikut adalah tampilan
transtition dan cara mengoperasikannya:
1. Pilih objek atau teks pada slide yang ingin kita
animasikan.
2. Pada tab animasi di pita, klik Tambahkan
animasi, dan pilih efek animasi.
3. Kita bisa mengatur lama waktu efek animasi berjalan
dengan mengatur duration dan delay.
4. Jika ingin menghapus animasi kita tinggal pilih angka
pada animasi, lalu menekan tombol delete pada keyboard
·
Navigation
Navigation Navigation dalam Power Point
ialah kumpulan tombol berisi link yang mengarah ke Slide tertentu. Dengan adanya Menu, orang yang memaparkan sebuah Presentasi dapat langsung menuju Slide yang diinginkan dan dapat pula untuk kembali. Hal ini akan
sangat membantu dalam kita menjaga efektifitas waktu. Berikut adalah
tampilan Navigation dan cara mengoperasikannya:
1. Buka file Presentasi Anda pada aplikasi Power Point. Pilih Slide pertama dan ketik tiap bab
pembahasan pada Slide tersebut.
2. Kita membuat kata yang ingin dilink an, lalu kita bias
menggunakan fungsi shapes untuk mempercantik tampilan
3. Blok kata pertama, kemudian klik kanan mouse dan akan
muncul Hyperlink.
4. Pilih place to document dan klik yang diinginkan
5. Jika menggunakan insert pilih Action. Maka akan muncul jendela baru.
6. Pindahkan pilihan radio ke Hyperlink To dan pilih Slide
yang diinginkan
7. Selanjutnya di setiap Slide kita kasih tombol Next,
Previous dan Home. Caranya dengan klik Tab
Insert > Shapes >
pilih bentuk tombol Next, Previous dan Home pada bagian bawah. Kemudian taruh pada Slide yang bawah. Lakukanlah dari
satu persatu.
8. Slide Show Presentasi
Anda, kemudian geser-geser Mouse
kalian agar muncul kursor pada Slide
Show. Dan Anda tinggal mengklik Menu
Navigasi yang sudah dibuat.
C.
Membuat Slide
untuk Presentasi Microsoft Power
point 2013
- Langkah awal
Langkah awal yang harus dilakukan pada penggunaan
program aplikasi Microsoft power point 2013 adalah sebagai berikut :
a. Mengaktifkan
power point 2013
Langkah awal dalam mengaktifkan Microsoft power point
adalah dengan menyalakan computer terlebih dahulu dan tunggu sampai system
operasi menampilkan area kerja (desktop). Lanjutkan dengan klick start pada
taskbar kemudian sorot all program dan pilih Microsoft office dan kemudian
klick Microsoft power point 2013 atau bisa juga dengan melakukan double klick
pada short cut Microsoft office power point 2013
b. Memulai
Microsoft power point 2013
Saat memulai Microsoft power point 2013 maka jendela
program Microsoft power point akan terbuka. Jendela ini umumnya berisi ribbon,
tab, group, dan fitur fitur yang memiliki fungsi tertentu. Microsoft power
point 2013 memiliki tampilan user interface yang berbeda dengan versi
sebelumnya. User interface tersebut dirancang untuk membantu user lebih
produktif dan mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.
c. Mengakhiri
program Microsoft power point 2013
Ada 2 cara, untuk mengakhiri Microsoft power point
2013 yaitu sebagai berikut :
1. Pilih dan klick
pada file button, kemudian pilih close atau klick exit power point
2. Klick icon
close windows (x) dipojok kanan atas
- Format Lembar Presentasi
Sebuah slide
yang baik akan mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan seorang
presenter tv. Dengan melihat slide yang ditampilkan oleh pemateri akan membantu
audience dalam memahami maksud dan tujuan yang terkandung dalam slide tersebut
- Membuat file
Langkah langkah
untuk membuat slide presentasi melalui slide baru yang masing kosong adalah
sebagai berikut :
1.
Klick tab home lalu pilih pada new
2.
Pada available tamplate and theme klick pada blank
presentation
3.
Akhiri dengan klick tombol create
4.
Selanjutnya tekan tombol CTRL + N untuk menyisipkan
slide baru
- Menyimpan file presentasi
Penyimpanan
file presentasi bertujuan hal hal yang tidak diinginkan misalnya listrik padam
dan memudahkan pemanggilan file. Langkah langkah untuk menyimpan file
presentasi dengan nama baru adalah sebagai berikut :
1.
Klick tombol file button lalu pilih save as
2.
Pada kotak isian file name ketikan nama file yang akan
disimpan
3.
Klick tombol save untuk menyimpan
4.
Selanjutnya naskah ditutup dengan klick pada file
button kemudian pilih close
- Membuka file presentasi
Dapat dilakukan
dengan prosedur sebagai berikut :
1.
Klick pada file button lalu arahkan pada open (CTRL +
O)
Setelah muncul
kotak dialog open, pilih lokasi file yang diinginkan lalu pilih nama file yang
bersangkutan
2.
Klick tombol open atau klick 2 x file yang ingin
dibuka
3. Pengolahan File
Presentasi dan Mengatur Format Slide
Memilih
tema
Saat Anda membuka PowerPoint, Anda akan melihat
beberapa tema dan templat bawaan. Tema adalah desain slide yang berisi warna,
font, dan efek khusus yang sesuai, seperti bayangan, pantulan, dan masih banyak
lagi.
1.
Pada tab File di pita, pilih baru, dan
pilih sebuah tema.
PowerPoint
memperlihatkan pratinjau tema, dengan variasi warna empat untuk memilih di
sebelah kanan.
Klik
Buat, atau ambil ragam warna, lalu klik Buat.
Menyisipkan
slide baru
Di
tab Beranda, klik bagian bawah Slide Baru, lalu pilih satu tata
letak slide.
Menyimpan
presentasi Anda
1.
Pada tab File, pilih Simpan.
2.
Pilih atau cari ke folder.
3.
Dalam kotak Nama file, ketikkan nama presentasi
Anda, kemudian pilih Simpan.
Catatan: Jika Anda sering
menyimpan file pada folder tertentu, Anda bisa ‘menyematkan’ path tersebut
sehingga selalu tersedia (sebagaimana diperlihatkan di bawah).
Tips: Menyimpan
pekerjaan Anda saat Anda masuk. Tekan Ctrl + S sering.
Memformat
teks Anda
- Pilih teks.
Di
bawah Alat Menggambar, pilih Format.
- Lakukan salah satu hal berikut ini:
- Untuk mengubah warna teks Anda, pilih Isian
Teks, lalu pilih sebuah warna.
- Untuk mengubah warna kerangka bentuk teks Anda,
pilih Kerangka Teks, lalu pilih sebuah warna.
- Untuk menerapkan bayangan, pantulan, cahaya,
kemiringan, rotasi 3D, transformasi, pilih Efek Teks, lalu pilih
efek yang Anda inginkan.
Pada tab Sisipkan,
lakukan salah satu hal berikut ini:
- Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di drive
lokal Anda atau di server internal, klik Gambar, telusuri gambar,
lalu pilih Sisipkan.
Untuk
menyisipkan gambar dari web, pilih Gambar Online, dan gunakan kotak pencarian
untuk menemukan gambar.
Pilih gambar,
kemudian klik Sisipkan.
Slide akan
sangat baik jika Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi. Anda bisa
menambahkan fakta dan catatan dalam catatan pembicara, dan jadikan rujukan Anda
saat menjalankan presentasi.
- Untuk membuka panel catatan, pada bagian bawah
jendela, klik Catatan .
Klik
di dalam panel Catatan di bawah slide tersebut, dan ketikkan catatan
Anda.
Menyampaikan
presentasi Anda
Pada tab Peragaan
Slide, lakukan salah satu hal berikut ini:
Untuk
memulai presentasi pada slide pertama, di grup Mulai Peragaan Slide,
klik Dari Awal.
·
Jika
Anda tidak berada di slide pertama dan Anda ingin memulai dari posisi Anda,
klik Dari Slide Saat Ini.
Jika
Anda ingin menyajikan ke orang yang tidak berada di tempat Anda, klik Sajikan
Online untuk menyetel presentasi di web, lalu pilih salah satu opsi.
Komentar
Posting Komentar