Langsung ke konten utama

PENUGASAN INDIVIDU DIRUMAH > PELAJARI DAN MERINGKAS

PRODUKSI VIDEO
Sumber : Sri Wahyuni dkk, Simulasi dan Komunikasi Digital Edisi Revisi 2013, DitPSMK Kemdikbud, Tahun 2013

A.   TahapProduksi
1.   Manajemen Lapangan
2.   Kegiatan Shooting
3.   Pnataan Suara                        
4.   Penataan Cahaya
5.   Penataan Panggung
6.   Penataa Rias dan Kostum


B.   Menangkap gambar dengan telepon genggam (Handphone)
Tips menangkap gambar dengan Handphone:
● Lebih dekat ke obyek
● Hati-hati dengan cahaya
● Keseimbangan
● Hindari penggunaan digital zoom
Ukuran Gambar
Ukuran gambar biasanya dikaitkan dengan tujuan pengambilan gambar, tingkat emosi, situasi dan kodisi objek. Ukuran pengambilan gambar selalu berkaitan dengan ukuran tubuh manusia.
1)   Establishing Shot: shot pembuka dari suatu adegan yang memperlihatkan tempat dan waktu adegan itu berlangsung.
2)   Extreme Long Shot (ELS): gambar diambil dari jarak sangat jauh, yang ditonjolkan bukan objek lagi tetapi latar belakangnya.
3)   Very Long Shot (VLS): menunjukkan subjek yang berada di tengah lingkungan sekitarnya.
4)   Long Shoot (LS) : pengambilan secara keseluruhan tubuh dari kepala sampai kaki.          
5)   Full Shot (FS) : pengambilan gambar objek secara penuh dari kepala sampai kaki.
6)   Medium Long Shot (MLS) : gambar diambil dari jarak yang wajar, sehingga jika misalnya terdapat 3 objek maka seluruhnya akan terlihat.    
7)   Knee Shot (KS) : pengambilan gambar objek dari kepala hingga lutut      
8)   Wide Angle (sudut lebar) : ukuran pengambilan gambar yang memasukkan keadaan sekeliling, jadi sudut lebar akan memberikan pandangan atas keseluruhan keadaan.          
9)   Mid Shot (MS) : menunjukkan mulai bagian kepala sampai pinggul. Ukuran MS berfungsi untuk menunjukkan siapa yang sedang melakukan aksi.        
10)   Medium Close Up (MCU) : menunjukkan mulai bagian kepala sampai bahu. Ini merupakan standar pengambilan gambar dalam wawancara.
11)   Big Close Up (BCU) : pengambilan gambar wajah yang memenuhi layar penampilan gambar
12)   Extreme Close Up (ECU): pengambilan gambar yang terlihat sangat detail seperti hidung pemain atau bibir atau ujung tumit dari sepatu
13)   One Shot (1S) : Pengambilan gambar satu objek
14)   Two Shot (2S) : pengambilan gambar dua orang.
15)   Three Shot (3S) : pengambilan gambar tiga orang.     
16)   Group Shot (GS): pengambilan gambar sekelompok orang.


C.   Tata Cahaya
Teknik tata cahaya tiga titik (Three Point Lighting) adalah metode standar yang digunakan dalam media visual seperti video, film dan fotografi.
 Jika Anda hanya memiliki satu lampu, jadikan key light.  Jika Anda memiliki 2 lampu, satu adalah key light dan yang lain adalah sebagai fill light atau back light.
a. Key light adalah penyinaran terarah yang utama (main source) yangmengenai/jatuh pada suatu objek. Key light menghasilkan bayangan yang kuat, memberikan tekanan pada segi yang menarik dari objek dan membentuk dimensi.
b. Fill light adalah penyinaran yang digunakan untuk melunakan bayangan yang dihasilkan oleh key light. Ini adalah cahaya sekunder yang digunakan untuk mengatur bayangan agar tidak terlalu keras atau lembut yang diciptakan oleh key light.
c. Back light adalah penyinaran dari belakang subjek (berlawanan arah kamera) diatur sehingga jatuh mengenai kepala dan bahu dari subjek. Penyinaran ini membentuk garis tepi dari bentuk subjek sehingga memberi kesan memisahkan subjek dengan latar belakang.


D.  Screen recording
Selain menggunakan kamera, gambar bergerak dapat juga direkam dengan Screen recording (merekam layar). Screen recording adalah merekam tampilan yang tampak di layar atau piranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh aplikasi perekam layar yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau piranti yang menangkap keluaran video dari komputer.
Screencast O Matic adalah sebuah aplikasi berbasis Java yang digunakan untuk membuat screencasts pada sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.
Screencast O Matic memberikan layanan software gratis yang memungkinkan pengguna untuk merekam semua tampilan dan gerakan pada layar monitor. Baik gerakan krusor dan klik indikator, mudah untuk digunakan, dapat menambahkan keterangan atau komentar dengan mudah.
Aplikasi ini dapat diunduh (download) di alamat: http://www.screencast-o-matic.com/ atau langsung merekam secara online di halaman tersebut, dengan mengklik record dan mengikuti proses berikutnya yang diminta, built in camera (webcam) dapat digunakan untuk mengambil gambar operator komputer sebagai pemain/presenter.
Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk menambahkan sebuah file teks untuk captioning dan berbagi video dengan audiens. Video dapat disimpan dalam format MP4, AVI, FLV, atau dan kemudian diunggah (upload) ke Screencast O Matic, web space atau YouTube.
Anda dapat menggunakan Screencasts O Matic untuk merekam tugas guru yang menggunakan komputer, presentasi produk, bercerita, dan lain sebagainya.
1)   Instalasi Screencast O Matic
a)    Pilih Software installer Screencast O Matic, kemudian klik 2 (dua) kali atau klik kanan kemudian pilih Open.
b)   Setelah menu pop-up muncul, pilih tombol Install untuk melanjutkan proses instalasi.
c)    Tunggu proses instalasi program selesai dijalankan,
d)   Centang check box jika ingin memulai program dan tekan tombol finish,
2) Menggunakan Screencast O Matic
Pilih tombolUse free version untuk ke tampilan awal Screencas O Matic




3. Langkah-langkah proses perekaman layar
a)    Tekan atau klik tombol record dan tunggu sampai muncul tulis Go.
b)   Mulailah melakukan aktifitas dikomputer yang ingin direkam
c)    Untuk berhenti merekam sementara tekan tombol Pause, sedangkan untuk mengulang perekaman pilih tombol Restart .
d)   Bila selesai merekam pilih tombol Done , dan akan tampil menu penyimpanan file
e)    Untuk melihat hasil rekaman tekan tombol Play
4) Pilihan Penyimpanan rekaman layar
v  Publish to Screencast O Matic : menyimpan file pada web Screencast O Matic, hasilnya dapat dilihat oleh masyarakat umum bila komputer terhubung dengan internet.
v  Publish to Youtube : menyimpan file pada server web Youtube
v  Publish to Video file : menyimpan pada media penyimpanan lokal, seperti hardisk atau flashdisk. 
a)    Tentukan tipe file dari video (Video type) yang akan disimpan (MP4, AVI, FLV dan GIF),
b)   Tentukan ukuran dari file video (Size) Full size, HD Size, dan Rescale width
c)    Notes untuk memberi catatan dan Captions (optional)
d)   Menu Options untuk menghilangkan teks tambahan, gerakan mouse, suara dari mikrofon dan gambar dari web cam.
e)    Save Video” dan Pilih nama dan tempat video yang akan disimpan, misal pada folder My Documents.
f)     Tekan tombol Save



A.   Pengambilan Gambar dengan Kamera
Pengambilan gambar!
Urutan :
1. Pengambilan gambar tidak perlu sesuai dengan urutan dalam naskah.
2. Pertahankan Continuity dalam pengambilan gambar.
Continuity adalah kesinambungan cerita dan gambar. Contoh kesinambungan cerita dan gambar, disampaikan sebagai berikut.
a. Seorang yang tampil dengan baju warna kuning, harus tetap menggunakan baju tersebut dan tampil yang sama ketika pengambilan gambar yang menggambarkan kelanjutan gambar terdahulu, meskipun kegiatan penggambilan gambar dilakukan pada hari/waktu yang berbeda.
b. Arah gerakan dan angel juga harus dijaga agar jangan memberikan kesan berbeda.
Untuk menjaga continuity atau kesinambungan gambar digunakan lembar continuity







Gerakan kamera :
a. PAN atau PANNING, yaitu pergerakan kamera secara horizontal, yaitu gerakan kamera dari kiri ke kanan (PAN KANAN) atau dari kanan ke kiri (PAN KIRI).
b. TILT atau TILTING, yaitu pergerakan kamera secara vertikal
c. TRACK IN, yaitu teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera mendekati objek
d. TRACK OUT, yaitu teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakan kamera menjauhi objek.
Hal yang harus diperhatikan pada pengambilan gambar:
1.  Setiap gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk.
2.  Kejelian kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja.
3.  Urutan terjaga kontinuitasnya.
4.  Apabila tidak menggunakan tripod atau penyangga kamera, hindari penggunaan zoom in
5.  Untuk memfokuskan Obyek lakukan zoom in

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGIKA DAN ALGORITMA

Logika dan Algoritma 1. Logika Manusia adalah mahluk paling mulia, sebab dianugerahi berbagai kelebihan yang tidak diberikan kepada semua mahluk selain manusia. Salah satu kelebihan tersebut karena manusia diberikan akal pikiran, sehingga dapat memilih hal yang benar dan bermanfaat, serta meninggalkan yang tidak bermanfaat (mudarat). Manusia merupakan mahluk yang mampu berpikir dan bernalar dengan baik. Sebagai mahluk yang berpikir, manusia memiliki dua ciri yang melekat, yaitu rasionalitas dan moralitas. Rasionalitas akan menuntun manusia untuk bertindak menurut pikiran dengan pertimbangan yang logis. Sedangkan moralitas akan mendorong manusia untuk berlaku sopan santun, sesuai dengan etiket atau norma yang berlaku. Namun, ketika manusia berpikir, kadangkala dipengaruhi berbagai kecenderungan, emosi, subjektivitas, dan berbagai hal lain yang menjadikan kita tidak dapat berpikir jernih dan logis, sehingga menghasilkan kesalahan berpikir dan pada akhirnya akan mengakibatkan kesimp

MATERI : MICROSOFT EXCEL

Lampiran 1. Ringkasan Materi Pembelajaran Microsoft Excel Microsoft Excel  memang identik dengan Matematika, semua  operasi hitung bilangan  dapat diolahnya. Apalagi operasi hitung bilangan matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dapat dengan mudah dioperasikan. Penggunaannyapun sama seperti operasi hitung bilangan matematika pada umumnya. Bisa secara manual ataupun secara otomatis menggunakan fungsi atau rumus yang telah tersedia. Bahkan selain operasi hitung bilangan, operasi hitung logika pun dapat diolah dengan Ms. Excel ini. Jadi apabila anda akan mengolah angka, seperti urusan Buku KAS, penghitungan pajak, pengolahan nilai siswa dan lain-lain yang berhubungan dengan hitung menghitung maka akan lebih mudah apabila dikerjakan menggunakan Ms. Excel. Ada beberapa  fungsi Microsoft Excel  untuk  operasi hitung bilangan  matematika yang dapat dioperasikannya dan sering kita gun antara lain : Operator Matematika Beberapa operator matematika

PASCA PRODUKSI

Lampiran 1. Ringkasan Materi Pembelajaran Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan musik digital Sumber : simkomdigsmkneka.blogspot.com/presentasi-video-tahapan-paska-produksi A. Kegiatan Tahapan Pascaproduksi Kegiatan pascaproduksi pada dasarnya adalah kegiatan editing. Editing Video merupakan proses menyusun dan menata hasil rekaman gambar menjadi satu keutuhan berdasarkan naskah. Pekerjaan editing meliputi capturing/importing, pemotongan, penggabungan, penyisipan gambar, transisi dan gambar pendukung lainnya serta pemaduan suara. Berikut ini merupakan penjelasan proses editing  : 1.   Capturing/importing Proses memindahkan hasil rekaman gambar dari kamera ke perangkat editing dapat dilakukan dengan cara capturing/importing. Capturing dilakukan bila hasil rekaman tidak berupa file video, sedangkan importing dilakukan bila hasil rekaman berupa file video. 2.   Pemotongan Proses memotong hasil rekaman gambar untuk mendapatkan potongan video yang lebih bai